Muhammad Arif
Muhammad Arif

Job Title / Jabatan :
Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)


Biography / Riwayat Hidup :
Muhammad Arif merupakan Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia disingkat APJII. APJII adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada tanggal 15 Mei 1996, untuk menyediakan forum bagi pelaku bisnis/instansi yang berhubungan dengan internet seperti Penyedia Layanan Internet dan penggunaan Nomor IP publik.

Sebagai organisasi yang strategis, APJII aktif memfasilitasi anggotanya untuk membahas perkembangan bisnis, regulasi, teknologi, SDM, dan kebijakan terkait pemerataan internet dan transformasi digital di Indonesia.

Arif memiliki pengalaman luas di bidang TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi) dan bisnis. Ia memulai karirnya di bidang TIK setelah lulus dari Universitas Bina Nusantara. Ia bekerja di beberapa perusahaan Internet Service Provider sebelum akhirnya memutuskan untuk membangun korporasi dan bisnisnya.

Saat ini, Arif menjabat sebagai CEO SIAPNet dan Green Net. Arif terpilih sebagai Ketua Umum APJII pada September 2021 untuk masa 2021-2024. Sebelum bergabung dengan APJII, beliau adalah Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) Indonesia.

Presentation Title / Judul Presentasi :
Peran APJII Dalam Mengkolaborasikan Pemangku Kepentingan Di Industri TIK Untuk Kemajuan Internet, Serta Melakukan Fungsi Digital Literasi Ke Pelaku Industri TIK Dan Masyarakat Luas